Human Initiative Gelar Konferensi Bersama BMKG dan BPBD

Medan-Human Initiative Sumatera Utara menggelar konferensi kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di kantor Human Initiative Sumatera Sumatera, Jalan Setia Budi, Tanjung Sari, Rabu (8/1) pagi. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG wilayah I Medan, Wirdawati dan Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis.

Kepala cabang Human Initiative Sumatera Utara, Zulhidayat mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan serentak di seluruh kantor Human Initiative di Indonesia. Disebutnya, kegiatan itu untuk mengkampanyekan kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi.

" Kegiatan ini diikuti relawan Human Initiative dan komunitas yang bergabung dengan Human Initiative. Diharapkan semua pihak akan lebih tanggap dan sigap menghadapi bencana dan pasca bencana, " ungkap Zulhidayat.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Wirdawati mengaku senang diundang untuk memberi edukasi. Disebutnya, pihaknya memiliki informasi cuaca yang selalu siap memberi informasi dan berkoordinasi.

" Kami juga telah membuat aplikasi INFO BMKG yang dapat digunakan masyarakat,. Aplikasi bisa  didownload di playstore, " ucap Wirda.

Sebelum mengakhiri, Wirda menyebut Sumatera Utara memiliki cuaca yang ekstrim. Dikatakannya, intensitas angin dan hujan di Sumatera Utara belakangan ini, cukup tinggi. Bila tidak ditangani dengan baik dan benar, diakui Wirda kondisi itu dapat menjadi ancaman bencana.

Sementara Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis  mengaku pihaknya selalu bersiapsiaga dengan melatih ribuan relawan yang ada di Sumatera Utara. Selain itu, disebutnya BPBD Sumut  juga berkolaborasi dengan instasi terkait dan lembaga kemanusiaan seperti Human Initiative, dalam penanggulangan resiko bencana.

" Kami sangat mengapresiasi langkah Human Initiative Sumut untuk melakukan aksi kesiapsiagaan bencana. Semoga langkah ini bisa menginspirasi dan memotivasi untuk sadar dan siaga akan ancaman bencana, " ketus Riadil mengakhiri. (ain)

;