Poldasu Belum Temukan Karhutla di Sumut

Galeri Berita

Poldasu Belum Temukan Karhutla di Sumut


2019-09-24


Medan-Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara belum menemukan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Utara. Hal itu disampaikan Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan saat diwawancarai galeriberita.com, Selasa (24/9) siang.

" Meski begitu, kita bersama pihak terkait, Polri, TNI, BMKG, BPBD, Dinas Kehutanan dan BKSDA tetap turun ke lapangan. Kita langsung cek ke lokasi yang terdeteksi titik panas, " ujar MP menjelaskan.

Lebih lanjut, MP mengaku memang sempat ditemukan 3 titi panas di Panai Tengah, Labuhanbatu. Namun, disebutnya ketika Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumut, AKBP Herzoni Saragih bersama tim meninjau ke lokasi, ternyata lokasi bukan masuk wilayah Sumatera Utara, melainkan wilayah Riau.

" Selain itu, saat itu api juga sudah padam, tinggal asapnya. Oleh karena itu, agar tidak meluas ke wilayah Sumatera Utara, dibuat skat dengan parit gajah. Selain itu, kita juga berkoordinasi dengan tim dari Provinsi Riau dan turut membantu pemadaman, " sambung MP.

Disinggung soal karhutla di Sumatera Utara sepanjang tahun 2019, diakui MP ada ditangani pihaknya. Disebutnya, ada 1 kasus ditangani Polres Tapanuli Selatan dan 1 kasus ditangani Polres Tobasa. Bahkan, dikatakan MP untuk kasus di Polres Tapsel, sudah dilakukan penahanan terhadap 1 orang tersangka.

" Bapak Kopolda Sumatera Utara sudah menyatakan bahwa Polda SumateraUtara akan mempelopori penanaman sejuta pohon di lokasi kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Utara, " tandas MP mengakhiri. (ain)

Berita Lainnya

    Stabilkan Harga Bahan Pangan, Pemko Medan dan Bulog Gelar Operasi Pasar

© 2019 Galeriberita.com . All rights reserved