Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan TRB dan TSS Madina Plt Kadis PUPR dan 2 PPK Ditahan Kejatisu

Galeri Berita

Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan TRB dan TSS Madina Plt Kadis PUPR dan 2 PPK Ditahan Kejatisu


2019-09-10


Medan-Setelah menjalani pemeriksaan sekitar 4 jam, Plt Kepala Dinas pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mandailing Natal, SD resmi ditahan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Selasa (10/9) sore. Bersama SD, turut ditahan 2 tersangka lainnya, NS dan LS, keduanya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Dinas PUPR Mandailing Natal. Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan penahanan dilakukan hingga 20 hari ke depan dan ketiganya dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta, Medan.

Dijelaskan Sumanggar, penahanan terhadap ketiga tersangka terkait dugaan korupsi proyek pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Raja Batu (TRB) dan Taman Sirisiri Syariah. Disebutnya, total kerugian keuangan Negara dari pekerjaan yang dilakukan Dinas PUPR Mandailing Natal pada proyek pembangunan RTH TRB dan TSS itu, mencapai Rp2.830.270.000. Kalau dirincikan, dikatakannya, pekerjaan pembangunan sebesar Rp536 juta lebih, pengadaan alat berat, Rp2,29 Milyar.

“ Pekerjaan pelaksanaan pembangunan proyek tersebut berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sempadan sungai Aek Singolot. Bahkan masih berada dalam DAS sungai Batang Gadis sehingga tidak boleh mendirikan bangunan permanen, “ jelas Sumanggar.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Ima Tabagsel, Wildan Lubis mengapresiasi kinerja dan langkah Kejatisu. Disebutnya, keyakinan pihaknya dan masyarakat kepada Kejatisu terhadap penanganan kasus itu, terus meningkat. Dikatakannya, saat ini Kejatisu menjadi tumpuan dan harapan dalam menuntaskan kasus itu.

“ Kami berharap Kejatisu untuk tidak sampai di sini saja penanganan dugaan korupsi TRB dan TSS ini. Kami akan tetap turun ke jalan untuk mengingatkan dan mendesak Kejatisu, agar melakukan pemanggilan dan penahanan terhadap pihak yang diduga terlibat dalam dugaan korupsi TRB dan TSS ini, “ ungkap Wildan. (ain)

Berita Lainnya

    Stabilkan Harga Bahan Pangan, Pemko Medan dan Bulog Gelar Operasi Pasar

© 2019 Galeriberita.com . All rights reserved